RSS

Selasa, 06 Januari 2015

PERENCANAAN STRATEGIS DAN PERENCANAAN OPERASIONAL ALAMANDA WOUND CARE CLINIC PERIODE 2011-2015



Alamanda Wound Care Clinic adalah klinik khusus perawatan luka yang berlokasi di Kota Malang, Propinsi Jawa Timur. Letaknya yang di tengah kota memudahkan akses transportasi. Klinik ini menyediakan pelayanan perawatan diabetic ulcers, pressure ulcers, surgical wounds, traumatic wounds, luka bakar dan luka akibat kanker dengan metode modern yg ditunjang oleh peralatan canggih.
Sebagai klinik yang baru berkembang, Alamanda Wound Care Clinic memiliki rencana strategis sebagai berikut:
A.    Perencanaan Strategi

1.      Memantapkan struktur organisasi dan sistem manajemen untuk meraih sertifikasi ISO.
2.      Mengoptimalkan kinerja tim dan pelayanan prima untuk meraih kepercayaan konsumen.
3.      Meningkatkan pemerataan kualitas dan kuantitas SDM dengan pelatihan, partisipasi aktif dalam forum ilmiah, dan rekruitmen tenaga baru.
4.      Meningkatkan citra klinik untuk memperbesar daya saing dan meraih dana pengembangan melalui investasi oleh investor.
5.      Memberdayakan unit pemasaran dalam mempromosikan layanan klinik untuk meraih pangsa pasar di Kota Malang dan Jawa Timur.
6.      Meningkatkan efektifitas jaringan kerjasama yang telah ada dan mengembangkan jaringan kerjasama baru untuk memperluas pasar.
7.      Memberdayakan unit riset untuk melakukan riset produktif, inovatif, dan solutif  untuk pengembangan layanan dan menghadapi tantangan globalisasi.
8.      Memantapkan stabilitas klinik untuk menghadapi kondisi sosial, politik, dan ekonomi yang tidak stabil.




B.     Perencanaan Operasional
Kebijakan
Program
Kegiatan
Meningkatkan kualitas manajemen organisasi
Meningkatkan kualitas layanan klinik

Meningkatkan kualitas, kuantitas SDM, dan kinerja tim
Meningkatkan pencitraan, jaringan, dankegiatan pemasaran
Meningkatkan inovasi dengan pemberdayaan unit riset
Meningkatan pemanfaatan sarana-prasarana, dan pemenuhan alat-alat kesehatan standar dan canggih
Administrasi perkantoran
Administrasi klinik

Informasi dan Teknologi (IT)
ISO
Klinik spesialis
Homecare
Layanan online
Laboratorium
Apotek
Peningkatan mutu SDM
Rekruitmen tenaga baru
Outbond dan rekreasi
Promosi klinik
Jaringan asuransi
Jaringan pemerintah, swasta, dan masyarakat
Riset klinik
Perpustakaan
Pengadaan dan pemeliharaan sarana-prasarana
Peningkatan dan pemeliharaan alat-alat kesehatan
ATK
§  Penyediaan peralatan dan perlengkapan kantor
§  Penyediaan biaya pemeliharaan meja, komputer
§  Pembaharuan sistem pengarsipan dan surat menyurat
§  Inventarisasi aset-aset klinik
§  Pembayaran gaji pegawai
§  Alokasi dana insentif pegawai dan biaya perjalanan
§  Penyempurnaan SOP
§  Peningkatan sistem pelaporan kegiatan (harian, mingguan, bulanan, tahunan)
§  Pengadaan dan pemeliharaan sistem informasi berbasis komputer
§  Diseminasi informasi sistem IT pada seluruh staf
§  Pelatihan sistem IT
§  Peningkatan kualitas website
§  Membentuk tim ISO
§  Penyiapan sistem ISO
§  Monitoring pelaksanaan ISO
§  Pelayanan praktek dokter spesialis bedah dan penyakit dalam
§  Penyediaan layanan rawat luka dengan metode modern
§  Pembentukan timHomecare
§  Penyediaan transportasi
§  Penyediaan fasilitas konsultasi dan informasi kesehatan melalui website
§  Pengadaan akses jadwal layanan rawat luka melalui website
§  Penyediaan reagen kimia dan fasilitas kultur untuk darah, pus, dan urin.
§  Perbaikan sistem dokumentasi
§  Pengadaan obat-obatan
§  Perbaikan sistem inventarisasi dan penyimpanan obat
§  Pengadaan pelatihan/seminar oleh pihak klinik
§  Pengiriman perawat dan tenaga lain untuk mengikuti seminar/workshop
§  Pengadaan kuliah bersama setiap bulan untuk penyegaran informasi
§  Pemasangan iklan lowongan kerja
§  Pengadaan fit dan proper tes
§  Training tenaga baru untuk perawat dan tenaga lain selama 3 bulan
§  Survey lokasi
§  Pengadaan transportasi dan akomodasi
§  Pengadaan kegiatan outbond
§  Pengadaan rekreasi sekali per tahun
§  Pengadaan baliho dan leaflet klinik
§  Penyediaan informasi klinik di website
§  Pendataan konsumen potensial
§  Tour ke luar kota untuk mempromosikan klinik
§  Pembaruan kerjasama dengan pihak asuransi
§  Pengadaan kerjasama baru dengan asuransi kesehatan
§  Pengadaan kerjasama program perawatan luka dengan RS lain
§  Pengadaan kerjasama dengan organisasi Diabetisi
§  Perluasan kerjasama dengan investor
§  Pengadaan dengar pendapat dengan masyarakat sekitar RS
§  Pengadaan dengar pendapat dengan Pemerintah Daerah untuk menyalurkan aspirasi terkait kebijakan yang mempengaruhi klinik.
§  Pengadaan logistik riset
§  Riset rawat luka
§  Penyediaan jurnal dan referensi ilmiah lainnya
§  Dokumentasi riset
§  Pengadaan buku-buku tentang rawat luka
§  Langganan majalah ilmiah
§  Renovasi interior dan eksterior gedung
§  Pengadaan peralatan rumah tangga klinik
§  Pemeliharaan alat komunikasi
§  Penyediaan jasa kebersihan klinik
§  Pemeliharan berkala kendaraan klinik
§  Pembelian alat-alat rawat luka standar
§  Pembelian peralatan canggih untuk perawatan luka
§  Pemeliharaan dan kalibrasi alat medis
§  Penyediaan alat tulis
§  Penyediaan barang cetakan

C.    Analisis Ren-Stra Vs Ren-Op

1.      Memantapkan struktur organisasi dan sistem manajemen untuk meraih sertifikasi ISO.

Untuk menjalankan dan mencapai Rencana strategi yang pertama ini Alamanda Wound Care Clinic telah melakukan beberapa rencana operasional  antara lain :
§  Membentuk tim ISO
§  Penyiapan sistem ISO
§  Monitoring pelaksanaan ISO
            Dengan adanya rencana operasional atau kegiatan kegiatan diatas maka Alamanda Wound Care Clinic akan secara optimal dapat mencapai Renstra pada poin pertama ini yaitu memantapkan struktur organisasi dan sistem manajemen untuk meraih sertifikat ISO. Untuk mendapatkan sertifikat ISO Alamanda Wound Care Clinik telah mempersiapkan tim khusus ISO, mempersiapkan sitem ISO, dan telah melakukan monitoring pelaksanaan ISO.   Pada poin Renstra pertama ini klinik Almanda telah melakukan kegiatan yang sesui dengan rencana strategi yang diharapkan


2.      Mengoptimalkan kinerja tim dan pelayanan prima untuk meraih kepercayaan konsumen.

Dalam mengoptimalkan kinerja tim dan pelayanan prima untuk meraih kepercayaan konsumen Alamanda Wound Care Clinic telah melakukan beberapa kegiatan untuk menunjang dan mencapai Rencana Strategi yang ke dua ini. Kegiatan kegiatan yang telah dilakukan antara lain :
§  Pembentukan tim Homecare
§  Pembayaran gaji pegawai
§  Alokasi dana insentif pegawai dan biaya perjalanan
§  Pelayanan praktek dokter spesialis bedah dan penyakit dalam
§  Penyediaan layanan rawat luka dengan metode modern
§  Penyediaan fasilitas konsultasi dan informasi kesehatan melalui website
§  Pengadaan akses jadwal layanan rawat luka melalui website
§  Penyediaan reagen kimia dan fasilitas kultur untuk darah, pus, dan urin.
     Kegiatan- kegiatan yang  dilakukan telah sesui dengan rencana strategi poin ke dua ini yaitu  mengoptimalkan kinerja tim dan pelayanan prima untuk meraih kepercayaan konsumen. Dalam mengoptimalkan kinerja tim Alamanda Wound Care Clinik telah melakukan kegiatan seperti membuat sebuat tim Home Care, membayarkan gaji pegawai, mengalokasikan dana pgawai dan perjalanan pegawai. Sedangkan untuk  melakukan pelayan prima untuk meraih kepercayaan konsumen Alamanda Wound Care Clinik ttelah melakukan beberapa program atau kegiatan yaitu   Pelayanan praktek dokter spesialis bedah dan penyakit dalam, Penyediaan layanan rawat luka dengan metode modern, Penyediaan fasilitas konsultasi dan informasi kesehatan melalui website, Pengadaan akses jadwal layanan rawat luka melalui website, Penyediaan reagen kimia dan fasilitas kultur untuk darah, pus, dan urin. Kegiatan- kegiatan tersebut dapat membantu dan mempercepat tercapainya rencana strategi pada poin ke dua ini.

3.      Meningkatkan pemerataan kualitas dan kuantitas SDM dengan pelatihan, partisipasi aktif dalam forum ilmiah, dan rekruitmen tenaga baru

Dalam meningkatkan pemerataan kualitas dan kuantitas SDM dengan pelatihan, partisipasi aktif dalam forum ilmiah, dan rekruitmen tenaga baru Alamanda Wound Care Clinic telah melakukan beberapa kegiatan untuk menunjang rencana strategi pada poin ke tiga. Kegiatan- kegiatan yang dilakukan pun sudah sesuai dengan rencana strategi yang diharapkan . Kegiatan- kegiatan tersebut antara lain :
a.       Pelatihan sistem IT
b.      Pembayaran gaji pegawai
c.       Diseminasi informasi sistem IT pada seluruh staff
d.      Pengadaan pelatihan/seminar oleh pihak klinik
e.       Pengiriman perawat dan tenaga lain untuk mengikuti seminar/workshop
f.       Pengadaan kuliah bersama setiap bulan untuk penyegaran informasi
g.      Pengadaan fit dan proper tes
h.      Training tenaga baru untuk perawat dan tenaga lain selama 3 bulan
i.        Pengadaan rekreasi sekali per tahun
j.        Pengadaan kegiatan outbond

4.       Meningkatkan citra klinik untuk memperbesar daya saing dan meraih dana pengembangan melalui investasi oleh investor.
§  Membentuk tim ISO
§  Penyiapan sistem ISO
§  Monitoring pelaksanaan ISO
§  Inventarisasi aset-aset klinik
§  Pengadaan obat-obatan
§  Perbaikan sistem inventarisasi dan penyimpanan obat
§  Pengadaan transportasi dan akomodasi
§  Pengadaan buku-buku tentang rawat luka
Renop ini merupakan penjabaran lebih lanjut dari renstra. Renop tersebut sudah sesuai dengan renstra ke 4. Disebutkan isi renstra nomor 4 yaitu Meningkatkan citra klinik untuk memperbesar daya saing yaitu dengan renop (program) Membentuk tim ISO, Penyiapan sistem ISO dan Monitoring pelaksanaan ISO. Adanya sistem manajemen yang menjamin mutu layanan pada konsumen dengan indikator sertifikasi ISO yang ditargetkan dicapai pada tahun 2013, dan terus dipertahankan dan ditingkatkan hingga tahun 2015. Serta meraih dana pengembangan melalui investasi oleh investor, yaitu dengan renop (program) yang sudah sesuai seperti Inventarisasi aset-aset klinik, Pengadaan obat-obatan, Perbaikan sistem inventarisasi dan penyimpanan obat, Pengadaan transportasi dan akomodasi dan Pengadaan buku-buku tentang rawat luka.
5.      Memberdayakan unit pemasaran dalam mempromosikan layanan klinik untuk meraih pangsa pasar di Kota Malang dan Jawa Timur.
§  Tour ke luar kota untuk mempromosikan klinik
§  Pengadaan pelatihan/seminar oleh pihak klinik
§  Pengadaan akses jadwal layanan rawat luka melalui website
§  Penyediaan fasilitas konsultasi dan informasi kesehatan melalui website
§  Penyediaan informasi klinik di website
Renop ini sudah sesuai dengan renstra ke 5. Ada unit khusus untuk riset dan pemasaran, memiliki website resmi, lokasi strategis, terletak di tengah kota dan mudah diakses dapat dijadikan kekuatan untuk memperkecil ancaman promosi gencar dari RS dan klinik pesaing.
6.      Meningkatkan efektifitas jaringan kerjasama yang telah ada dan mengembangkan jaringan kerjasama baru untuk memperluas pasar.
§  Pembaruan kerjasama dengan pihak asuransi
§  Pengadaan kerjasama baru dengan asuransi kesehatan
§  Pengadaan kerjasama program perawatan luka dengan RS lain
§  Pengadaan kerjasama dengan organisasi Diabetisi
§  Perluasan kerjasama dengan investor
§  Pengadaan dengar pendapat dengan masyarakat sekitar RS
§  Pengadaan dengar pendapat dengan Pemerintah Daerah untuk menyalurkan aspirasi terkait kebijakan yang mempengaruhi klinik.
Renop ini sudah sesuai dengan renstra ke 6. Walaupun belum memiliki kerjasama luas dengan pihak asuransi kesehatan, Alamanda Wound Care Clinic terus mengembangkan jaringan kerjasama dan perluasan konsumen. Yaitu dengan meningkatkan kerjasama dengan indikator jumlah kerjasama dengan RS dan klinik lain,supplier alat-alat medis, pemerintah, dan pihak asuransi kesehatan yang meningkat dari tahun ke tahun.
7.      Memberdayakan unit riset untuk melakukan riset produktif, inovatif, dan solutif  untuk pengembangan layanan dan menghadapi tantangan globalisasi.

Dalam mengoptimalkan kinerja tim dan pelayanan prima untuk meraih kepercayaan konsumen Alamanda Wound Care Clinic telah melakukan beberapa kegiatan untuk menunjang dan mencapai Rencana Strategi yang ke tujuh  ini. Kegiatan kegiatan yang telah dilakukan antara lain :

-          Riset klinik
-          Perpustakaan
-          Pengadaan logistik riset
-          Riset rawat luka
-          Penyediaan jurnal dan referensi ilmiah lainnya
-          Dokumentasi riset
Dengan adanya rencana operasional atau kegiatan kegiatan diatas maka Alamanda Wound Care Clinic akan secara optimal dapat mencapai Renstra pada poin ketujuh ini yaitu Memberdayakan unit riset untuk melakukan riset produktif, inovatif, dan solutif  untuk pengembangan layanan dan menghadapi tantangan globalisasi.  Alamanada Wound Care Clinic berusaha untuk meningkatkan inovasi dengan pemberdayaan unit riset yang telah dirancang  untuk menghadapi perkembangan IPTEK di era globalisasi ini.  Menyelenggarakan riset untuk menjawab permasalahan dan mengembangkan kualitas layanan. Indikatornya adalah jumlah riset dan inovasi yang dihasilkan. Target pada tahun 2011-2013 yaitu dua riset dan dua inovasi tiap tahun, dan tahun 2014-2015 tiga riset dan tiga inovasi tiap tahun. Mengembangkan kerjasama dengan peneliti atau institusi riset lain sebagai forum transfer pengetahuan. Indikatornya adalah peneliti klinik berpartisipasi aktif dalam forum ilmiah. Ditargetkan peneliti berpartisipasi minimal dalam dua forum tiap tahun. Pada poin Renstra ketujuh ini klinik Almanda telah melakukan kegiatan yang sesui dengan rencana strategi yang diharapkan.
8.      Memantapkan stabilitas klinik untuk menghadapi kondisi sosial, politik, dan ekonomi yang tidak stabil.
Dalam mengoptimalkan kinerja tim dan pelayanan prima untuk meraih kepercayaan konsumen Alamanda Wound Care Clinic telah melakukan beberapa kegiatan untuk menunjang dan mencapai Rencana Strategi yang ke delepan  ini. Kegiatan kegiatan yang telah dilakukan antara lain :

-          Pengadaan dan pemeliharaan sarana-prasarana
-          Peningkatan dan pemeliharaan alat-alat kesehatan
-          ATK
-          Pengadaan buku-buku tentang rawat luka
-          Langganan majalah ilmiah
-          Renovasi interior dan eksterior gedung
-          Pengadaan peralatan rumah tangga klinik
-          Pemeliharaan alat komunikasi
-          Penyediaan jasa kebersihan klinik
-          Pemeliharan berkala kendaraan klinik
-          Pembelian alat-alat rawat luka standar
-          Pembelian peralatan canggih untuk perawatan luka
-          Pemeliharaan dan kalibrasi alat medis
-          Penyediaan alat tulis
-          Penyediaan barang cetakan

Dengan adanya rencana operasional atau kegiatan kegiatan diatas maka Alamanda Wound Care Clinic akan secara optimal dapat mencapai Renstra pada poin kedelapan ini yaitu Memantapkan stabilitas klinik untuk menghadapi kondisi sosial, politik, dan ekonomi yang tidak stabil.  Alamanada Wound Care Clinic berusaha untuk meningkatan pemanfaatan sarana-prasarana, dan pemenuhan alat-alat kesehatan standar dan canggih untuk menghadapi kondisi sosial, politik dan ekonomi yang kerap kali tidak stabil dan dapat mengganggu keberlangsungan kegiatan pelayanan di Alamanada Wound Care Clinic .   Diharapkan aset-aset klinik terawat dengan baik dengan indikator jumlah aset yang berfungsi optimal dan rusak tiap tahun. Target angka kerusakan alat tidak lebih dari 5% tiap tahun . Pada poin Renstra kedelapan ini klinik Almanda telah melakukan kegiatan yang sesui dengan rencana strategi yang diharapkan.


DAFTAR PUSTAKA
Adrianingsih, Tri Erri Astoeti. 2000. Perencanaan Strategik Pengembangan Klinik Gigi Pendidikan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti 2000-2004. Tesis Program Pascasarjana IKM UI.
David, Fred R. 2009. Manajemen Strategis. Salemba Empat: Jakarta.
Departemen Kesehatan RI. 2009. Rencana Pembangunan Jangka Panjang Bidang Kesehatan 2005-2025. Depkes RI: Jakarta.
Kementrian Perdagangan RI. 2010. Rencana Strategis Kementrian Perdagangan Periode 2010-2014. Kemendag RI: Jakarta




2 komentar:

Dave Thames mengatakan...

Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

Rai Vinsmoke mengatakan...

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

Posting Komentar

 
Copyright GLORY SHINE 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .