Alamanda
Wound Care Clinic adalah klinik khusus perawatan luka yang berlokasi di Kota
Malang, Propinsi Jawa Timur. Letaknya yang di tengah kota memudahkan akses
transportasi. Klinik ini menyediakan pelayanan perawatan diabetic
ulcers, pressure ulcers, surgical wounds, traumatic wounds, luka bakar
dan luka akibat kanker dengan metode modern yg ditunjang oleh peralatan
canggih.
Sebagai klinik yang baru berkembang, Alamanda Wound
Care Clinic memiliki rencana strategis sebagai berikut:
A.
Perencanaan Strategi
1. Memantapkan
struktur organisasi dan sistem manajemen untuk meraih sertifikasi ISO.
2. Mengoptimalkan
kinerja tim dan pelayanan prima untuk meraih kepercayaan konsumen.
3. Meningkatkan
pemerataan kualitas dan kuantitas SDM dengan pelatihan, partisipasi aktif dalam
forum ilmiah, dan rekruitmen tenaga baru.
4. Meningkatkan
citra klinik untuk memperbesar daya saing dan meraih dana pengembangan melalui
investasi oleh investor.
5. Memberdayakan
unit pemasaran dalam mempromosikan layanan klinik untuk meraih pangsa pasar di
Kota Malang dan Jawa Timur.
6. Meningkatkan
efektifitas jaringan kerjasama yang telah ada dan mengembangkan jaringan
kerjasama baru untuk memperluas pasar.
7. Memberdayakan
unit riset untuk melakukan riset produktif, inovatif, dan solutif untuk
pengembangan layanan dan menghadapi tantangan globalisasi.
8. Memantapkan
stabilitas klinik untuk menghadapi kondisi sosial, politik, dan ekonomi yang
tidak stabil.
B.
Perencanaan Operasional
Kebijakan
|
Program
|
Kegiatan
|
Meningkatkan kualitas manajemen organisasi
Meningkatkan kualitas layanan
klinik
Meningkatkan kualitas, kuantitas
SDM, dan kinerja tim
Meningkatkan pencitraan, jaringan,
dankegiatan pemasaran
Meningkatkan inovasi dengan
pemberdayaan unit riset
Meningkatan pemanfaatan
sarana-prasarana, dan pemenuhan alat-alat kesehatan standar dan canggih
|
Administrasi perkantoran
Administrasi klinik
Informasi dan Teknologi (IT)
ISO
Klinik spesialis
Homecare
Layanan online
Laboratorium
Apotek
Peningkatan mutu SDM
Rekruitmen tenaga baru
Outbond dan rekreasi
Promosi klinik
Jaringan asuransi
Jaringan pemerintah, swasta, dan
masyarakat
Riset klinik
Perpustakaan
Pengadaan dan pemeliharaan
sarana-prasarana
Peningkatan dan pemeliharaan
alat-alat kesehatan
ATK
|
§ Penyediaan
peralatan dan perlengkapan kantor
§ Penyediaan
biaya pemeliharaan meja, komputer
§ Pembaharuan
sistem pengarsipan dan surat menyurat
§ Inventarisasi
aset-aset klinik
§ Pembayaran
gaji pegawai
§ Alokasi
dana insentif pegawai dan biaya perjalanan
§ Penyempurnaan
SOP
§ Peningkatan
sistem pelaporan kegiatan (harian, mingguan, bulanan, tahunan)
§ Pengadaan
dan pemeliharaan sistem informasi berbasis komputer
§ Diseminasi
informasi sistem IT pada seluruh staf
§ Pelatihan
sistem IT
§ Peningkatan
kualitas website
§ Membentuk
tim ISO
§ Penyiapan
sistem ISO
§ Monitoring
pelaksanaan ISO
§ Pelayanan
praktek dokter spesialis bedah dan penyakit dalam
§ Penyediaan
layanan rawat luka dengan metode modern
§ Pembentukan
timHomecare
§ Penyediaan
transportasi
§ Penyediaan
fasilitas konsultasi dan informasi kesehatan melalui website
§ Pengadaan
akses jadwal layanan rawat luka melalui website
§ Penyediaan
reagen kimia dan fasilitas kultur untuk darah, pus, dan urin.
§ Perbaikan
sistem dokumentasi
§ Pengadaan obat-obatan
§ Perbaikan
sistem inventarisasi dan penyimpanan obat
§ Pengadaan
pelatihan/seminar oleh pihak klinik
§ Pengiriman
perawat dan tenaga lain untuk mengikuti seminar/workshop
§ Pengadaan
kuliah bersama setiap bulan untuk penyegaran informasi
§ Pemasangan
iklan lowongan kerja
§ Pengadaan
fit dan proper tes
§ Training
tenaga baru untuk perawat dan tenaga lain selama 3 bulan
§ Survey
lokasi
§ Pengadaan
transportasi dan akomodasi
§ Pengadaan
kegiatan outbond
§ Pengadaan
rekreasi sekali per tahun
§ Pengadaan
baliho dan leaflet klinik
§ Penyediaan
informasi klinik di website
§ Pendataan
konsumen potensial
§ Tour ke
luar kota untuk mempromosikan klinik
§ Pembaruan
kerjasama dengan pihak asuransi
§ Pengadaan
kerjasama baru dengan asuransi kesehatan
§ Pengadaan
kerjasama program perawatan luka dengan RS lain
§ Pengadaan
kerjasama dengan organisasi Diabetisi
§ Perluasan
kerjasama dengan investor
§ Pengadaan
dengar pendapat dengan masyarakat sekitar RS
§ Pengadaan
dengar pendapat dengan Pemerintah Daerah untuk menyalurkan aspirasi terkait
kebijakan yang mempengaruhi klinik.
§ Pengadaan
logistik riset
§ Riset
rawat luka
§ Penyediaan
jurnal dan referensi ilmiah lainnya
§ Dokumentasi
riset
§ Pengadaan
buku-buku tentang rawat luka
§ Langganan
majalah ilmiah
§ Renovasi
interior dan eksterior gedung
§ Pengadaan
peralatan rumah tangga klinik
§ Pemeliharaan
alat komunikasi
§ Penyediaan
jasa kebersihan klinik
§ Pemeliharan
berkala kendaraan klinik
§ Pembelian
alat-alat rawat luka standar
§ Pembelian
peralatan canggih untuk perawatan luka
§ Pemeliharaan
dan kalibrasi alat medis
§ Penyediaan
alat tulis
§ Penyediaan
barang cetakan
|
C.
Analisis
Ren-Stra Vs Ren-Op
1.
Memantapkan
struktur organisasi dan sistem manajemen untuk meraih sertifikasi ISO.
Untuk
menjalankan dan mencapai Rencana strategi yang pertama ini Alamanda Wound Care Clinic telah
melakukan beberapa rencana operasional
antara lain :
§
Membentuk tim ISO
§
Penyiapan sistem ISO
§
Monitoring pelaksanaan ISO
Dengan
adanya rencana operasional atau kegiatan kegiatan diatas maka Alamanda Wound Care Clinic akan secara
optimal dapat mencapai Renstra pada poin pertama ini yaitu memantapkan struktur
organisasi dan sistem manajemen untuk meraih sertifikat ISO. Untuk mendapatkan
sertifikat ISO Alamanda Wound Care Clinik telah mempersiapkan tim khusus ISO,
mempersiapkan sitem ISO, dan telah melakukan monitoring pelaksanaan ISO. Pada poin Renstra pertama ini klinik Almanda
telah melakukan kegiatan yang sesui dengan rencana strategi yang diharapkan
2.
Mengoptimalkan
kinerja tim dan pelayanan prima untuk meraih kepercayaan konsumen.
Dalam
mengoptimalkan kinerja tim dan pelayanan prima untuk meraih kepercayaan
konsumen Alamanda Wound Care Clinic
telah melakukan beberapa kegiatan untuk menunjang dan mencapai Rencana Strategi
yang ke dua ini. Kegiatan kegiatan yang telah dilakukan antara lain :
§ Pembentukan
tim Homecare
§ Pembayaran
gaji pegawai
§ Alokasi dana
insentif pegawai dan biaya perjalanan
§ Pelayanan
praktek dokter spesialis bedah dan penyakit dalam
§ Penyediaan
layanan rawat luka dengan metode modern
§ Penyediaan fasilitas
konsultasi dan informasi kesehatan melalui website
§ Pengadaan
akses jadwal layanan rawat luka melalui website
§ Penyediaan
reagen kimia dan fasilitas kultur untuk darah, pus, dan urin.
Kegiatan-
kegiatan yang dilakukan telah sesui
dengan rencana strategi poin ke dua ini yaitu mengoptimalkan
kinerja tim dan pelayanan prima untuk meraih kepercayaan konsumen. Dalam
mengoptimalkan kinerja tim Alamanda Wound Care Clinik telah melakukan kegiatan
seperti membuat sebuat tim Home Care, membayarkan gaji pegawai, mengalokasikan
dana pgawai dan perjalanan pegawai. Sedangkan untuk melakukan pelayan prima untuk meraih
kepercayaan konsumen Alamanda Wound Care Clinik ttelah melakukan beberapa
program atau kegiatan yaitu Pelayanan
praktek dokter spesialis bedah dan penyakit dalam, Penyediaan layanan rawat
luka dengan metode modern, Penyediaan fasilitas konsultasi dan informasi
kesehatan melalui website, Pengadaan akses jadwal layanan rawat luka melalui
website, Penyediaan reagen kimia dan fasilitas kultur untuk darah, pus, dan
urin. Kegiatan- kegiatan tersebut dapat membantu dan mempercepat tercapainya
rencana strategi pada poin ke dua ini.
3.
Meningkatkan
pemerataan kualitas dan kuantitas SDM dengan pelatihan, partisipasi aktif dalam
forum ilmiah, dan rekruitmen tenaga baru
Dalam
meningkatkan pemerataan kualitas dan kuantitas SDM dengan pelatihan,
partisipasi aktif dalam forum ilmiah, dan rekruitmen tenaga baru Alamanda Wound Care Clinic telah
melakukan beberapa kegiatan untuk menunjang rencana strategi pada poin ke tiga.
Kegiatan- kegiatan yang dilakukan pun sudah sesuai dengan rencana strategi yang
diharapkan . Kegiatan- kegiatan tersebut antara lain :
a. Pelatihan
sistem IT
c. Diseminasi
informasi sistem IT pada seluruh staff
d. Pengadaan
pelatihan/seminar oleh pihak klinik
e. Pengiriman
perawat dan tenaga lain untuk mengikuti seminar/workshop
f. Pengadaan
kuliah bersama setiap bulan untuk penyegaran informasi
g. Pengadaan
fit dan proper tes
h. Training
tenaga baru untuk perawat dan tenaga lain selama 3 bulan
i.
Pengadaan rekreasi sekali per tahun
j.
Pengadaan kegiatan outbond
4.
Meningkatkan citra klinik untuk memperbesar
daya saing dan meraih dana pengembangan melalui investasi oleh investor.
§ Membentuk
tim ISO
§ Penyiapan
sistem ISO
§ Monitoring
pelaksanaan ISO
§ Inventarisasi
aset-aset klinik
§ Pengadaan
obat-obatan
§ Perbaikan
sistem inventarisasi dan penyimpanan obat
§ Pengadaan
transportasi dan akomodasi
§ Pengadaan
buku-buku tentang rawat luka
Renop ini merupakan penjabaran lebih lanjut dari
renstra. Renop tersebut sudah sesuai dengan renstra ke 4. Disebutkan isi renstra
nomor 4 yaitu Meningkatkan citra klinik untuk memperbesar daya saing yaitu
dengan renop (program) Membentuk tim ISO, Penyiapan sistem ISO dan Monitoring
pelaksanaan ISO. Adanya sistem manajemen yang menjamin mutu layanan pada
konsumen dengan indikator sertifikasi ISO yang ditargetkan dicapai pada tahun
2013, dan terus dipertahankan dan ditingkatkan hingga tahun 2015. Serta meraih
dana pengembangan melalui investasi oleh investor, yaitu dengan renop (program)
yang sudah sesuai seperti Inventarisasi aset-aset klinik, Pengadaan
obat-obatan, Perbaikan sistem inventarisasi dan penyimpanan obat, Pengadaan
transportasi dan akomodasi dan Pengadaan buku-buku tentang rawat luka.
5. Memberdayakan unit pemasaran dalam mempromosikan
layanan klinik untuk meraih pangsa pasar di Kota Malang dan Jawa Timur.
§ Tour ke luar
kota untuk mempromosikan klinik
§ Pengadaan
pelatihan/seminar oleh pihak klinik
§ Pengadaan
akses jadwal layanan rawat luka melalui website
§ Penyediaan
fasilitas konsultasi dan informasi kesehatan melalui website
§ Penyediaan
informasi klinik di website
Renop ini sudah sesuai dengan renstra ke 5. Ada unit
khusus untuk riset dan pemasaran, memiliki website resmi, lokasi strategis,
terletak di tengah kota dan mudah diakses dapat dijadikan kekuatan untuk memperkecil
ancaman promosi gencar dari RS dan klinik pesaing.
6.
Meningkatkan
efektifitas jaringan kerjasama yang telah ada dan mengembangkan jaringan
kerjasama baru untuk memperluas pasar.
§ Pembaruan
kerjasama dengan pihak asuransi
§ Pengadaan
kerjasama baru dengan asuransi kesehatan
§ Pengadaan
kerjasama program perawatan luka dengan RS lain
§ Pengadaan
kerjasama dengan organisasi Diabetisi
§ Perluasan
kerjasama dengan investor
§ Pengadaan
dengar pendapat dengan masyarakat sekitar RS
§ Pengadaan
dengar pendapat dengan Pemerintah Daerah untuk menyalurkan aspirasi terkait
kebijakan yang mempengaruhi klinik.
Renop ini sudah sesuai dengan renstra ke 6. Walaupun
belum memiliki kerjasama luas dengan pihak asuransi kesehatan, Alamanda Wound
Care Clinic terus mengembangkan jaringan kerjasama dan perluasan konsumen.
Yaitu dengan meningkatkan kerjasama dengan indikator jumlah kerjasama dengan RS
dan klinik lain,supplier alat-alat medis, pemerintah, dan pihak
asuransi kesehatan yang meningkat dari tahun ke tahun.
7.
Memberdayakan
unit riset untuk melakukan riset produktif, inovatif, dan solutif untuk
pengembangan layanan dan menghadapi tantangan globalisasi.
Dalam
mengoptimalkan kinerja tim dan pelayanan prima untuk meraih kepercayaan
konsumen Alamanda Wound Care Clinic
telah melakukan beberapa kegiatan untuk menunjang dan mencapai Rencana Strategi
yang ke tujuh ini. Kegiatan kegiatan
yang telah dilakukan antara lain :
-
Riset klinik
-
Perpustakaan
-
Pengadaan logistik riset
-
Riset rawat luka
-
Penyediaan jurnal dan referensi ilmiah lainnya
-
Dokumentasi riset
Dengan adanya rencana operasional atau kegiatan
kegiatan diatas maka Alamanda Wound
Care Clinic akan secara optimal dapat mencapai Renstra pada poin ketujuh
ini yaitu Memberdayakan unit riset untuk melakukan riset produktif, inovatif,
dan solutif untuk pengembangan layanan dan menghadapi tantangan
globalisasi. Alamanada Wound Care Clinic
berusaha untuk meningkatkan inovasi dengan pemberdayaan unit riset yang telah
dirancang untuk menghadapi perkembangan
IPTEK di era globalisasi ini. Menyelenggarakan
riset untuk menjawab permasalahan dan mengembangkan kualitas layanan.
Indikatornya adalah jumlah riset dan inovasi yang dihasilkan. Target pada tahun
2011-2013 yaitu dua riset dan dua inovasi tiap tahun, dan tahun 2014-2015 tiga
riset dan tiga inovasi tiap tahun. Mengembangkan kerjasama dengan peneliti atau
institusi riset lain sebagai forum transfer pengetahuan. Indikatornya adalah
peneliti klinik berpartisipasi aktif dalam forum ilmiah. Ditargetkan peneliti
berpartisipasi minimal dalam dua forum tiap tahun. Pada poin Renstra ketujuh
ini klinik Almanda telah melakukan kegiatan yang sesui dengan rencana strategi
yang diharapkan.
8.
Memantapkan
stabilitas klinik untuk menghadapi kondisi sosial, politik, dan ekonomi yang
tidak stabil.
Dalam
mengoptimalkan kinerja tim dan pelayanan prima untuk meraih kepercayaan
konsumen Alamanda Wound Care Clinic
telah melakukan beberapa kegiatan untuk menunjang dan mencapai Rencana Strategi
yang ke delepan ini. Kegiatan kegiatan
yang telah dilakukan antara lain :
-
Pengadaan dan pemeliharaan sarana-prasarana
-
Peningkatan dan pemeliharaan alat-alat kesehatan
-
ATK
-
Pengadaan buku-buku tentang rawat luka
-
Langganan majalah ilmiah
-
Renovasi interior dan eksterior gedung
-
Pengadaan peralatan rumah tangga klinik
-
Pemeliharaan alat komunikasi
-
Penyediaan jasa kebersihan klinik
-
Pemeliharan berkala kendaraan klinik
-
Pembelian alat-alat rawat luka standar
-
Pembelian peralatan canggih untuk perawatan luka
-
Pemeliharaan dan kalibrasi alat medis
-
Penyediaan alat tulis
-
Penyediaan barang cetakan
Dengan adanya rencana operasional atau kegiatan
kegiatan diatas maka Alamanda Wound
Care Clinic akan secara optimal dapat mencapai Renstra pada poin kedelapan
ini yaitu Memantapkan stabilitas klinik untuk menghadapi kondisi sosial,
politik, dan ekonomi yang tidak stabil.
Alamanada Wound Care Clinic berusaha untuk meningkatan pemanfaatan sarana-prasarana,
dan pemenuhan alat-alat kesehatan standar dan canggih untuk menghadapi kondisi
sosial, politik dan ekonomi yang kerap kali tidak stabil dan dapat mengganggu
keberlangsungan kegiatan pelayanan di Alamanada Wound Care Clinic . Diharapkan aset-aset klinik terawat dengan
baik dengan indikator jumlah aset yang berfungsi optimal dan rusak tiap tahun.
Target angka kerusakan alat tidak lebih dari 5% tiap tahun . Pada poin Renstra
kedelapan ini klinik Almanda telah melakukan kegiatan yang sesui dengan rencana
strategi yang diharapkan.
DAFTAR PUSTAKA
Adrianingsih, Tri Erri Astoeti.
2000. Perencanaan Strategik Pengembangan Klinik Gigi Pendidikan
Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti 2000-2004. Tesis Program
Pascasarjana IKM UI.
David, Fred R. 2009. Manajemen
Strategis. Salemba Empat: Jakarta.
Departemen Kesehatan RI. 2009. Rencana
Pembangunan Jangka Panjang Bidang Kesehatan 2005-2025. Depkes RI: Jakarta.
Kementrian Perdagangan RI.
2010. Rencana Strategis Kementrian Perdagangan Periode 2010-2014.
Kemendag RI: Jakarta
2 komentar:
Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)
ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^
Posting Komentar